Mejuah-juah.   Rudang Rakyat Sirulo Comunity    Mejuah-juah.
    <--> MEJUAH-JUAH <-->

    Wednesday, February 1, 2012

    Kayo (taka)

    Kayo, adalah taka ataupun tek-tek(ind: potongan) bagian-bagian jukut(daging) dan tulan(tulang) dari tubuh hewan yang dipotong dalam sebuah lakon/kerja-kerja(ind: acara, pesta, hajatan) dalam masyarakat Karo, baik itu kerja nereh-empo(pernikahan), idilo Dibata/simate-mate(kematian), mengket rumah si mbaru(masuk rumah baru), dll.

    Pembagian kayo ini didasarkan atas kundulen(kedudukan dalam adat) sipenerima kayo itu dalam keluarga si pemberi(si er-kerja/yang memiliki hajatan).

    Dalam pelaksanaanya saat ini, kayo yang dibagikan hanya ada tiga bahagian, yaitu: (1)tulan putur: yang diberikan untuk kelompok Kalimbubu, (2) tulan ikur: untuk kelompok Anak Beru, dan (3) tan baju: yang diberikan untuk kelompok Penggual(pemusik, protokol, panitia dalam hajatan).!

    Pada zaman dahulu(masa adat siadi), kayo yang dibagikan ada sebanyak dua puluh(20) bagian, adapun ke-20 kayo itu, yakni:


    Kayo ataupun taka-taka(potongan) jukut(daging) dan tulan(tulang) dari hewan yang disembelih dalam sebuah hajatan Karo yang dibagi-bagikan.

    No comments:

    Post a Comment

    Mejuah-juah!