Mejuah-juah.   Rudang Rakyat Sirulo Comunity    Mejuah-juah.
    <--> MEJUAH-JUAH <-->

    Tuesday, October 9, 2012

    MS Kaban



    MS Kaban : Partai Bulan Bintang
    MS. Kaban (foto: http://bulan-bintang.org/)
    Malem Sambat Karo-karo Kaban atau lebih dikenal dengan MS. Kaban, adalah peria berdarah Karo kelahiran Selasa, 5 Agustus 1958 di Kota Binjai, Sumatera Utara. Putra pasangan A. M. Kaban(alm) yang seorang pedagang dan S. Br. Tarigan yang seorang ibu rumah tangga ini, mengawali perjuangannya sebagai aktifis di Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) yang sempat mengantarnya menjadi Ketua Umum HMI Jakarta.

    Awal karirnya sebenarnya dimulai dari dunia akademisi, dimana dia pernah terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia di Jakarta Public Relation dan beberapa proyek dan penelitian baik pemerintah, swasta, maupun BUMN.


    Pada PEMILU 1997, MS. Kaban dikabarkan sempat ingin dipinang oleh PPP(Partai Persatuan Pembangunan) yang kala itu masih diketuai oleh Ismael Matereum, namun karena kondisi perpolitikan di tanah air kala itu tidak jelas arah dan memang kala itu Kaban belum berminat untuk terjun ke dalam dunia politik, maka tawaran itupun ditolak. Namun, tahun 1998 saat Reformasi bergulir, bersama Yusril Ihza Mahendra, Kaban ikut mendirikan dan membesarkan PBB(Partai Bulan Bintang) yang berasaskan Islam dan ditunjuk sebagai sekjen walaupun awalnya Kaban menolak karena alasan belum layak, dan dikemudian hari tepatnya di tahun 2005 hingga sekarang beliau menjabat ketua umum di partai berlambangkan bulan sabit dan bintang tersebut. Suami dari Nurmala Dewi Br. Tarigan(Kaban-red) ini juga merupakan bintang PBB yang dimana berhasil membawa partai tersebut menjadi salah satu partai besar (Meraih 13 kursi DPR (1,9 persen suara) pada Pemilu 1999) dalam dunia politik Indonesia, yang juga membawanya menduduki kursi parlemen sebagai anggota Komisi VI DPR RI priode 1999 – 2004, serta dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I, Presiden Repoblik Indonesia yang kala itu dijabat  Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) menunjuk dan mengangkatnya menjadi Mentri Kehutanan(Menhut) Repoblik Indonesia.


    Malem Sambat Karo-karo Kaban(MS. Kaban)

    Pendidikan
    S2 Institut Pertanian Bogor
    S1 Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya.
    SMAN 7 Medan.

    Karir
    • Mentri Kehutanan Repoblik Indonesia (2004 - 2009)
    • Ketua Umum Partai Bulan Bintang (2005-hingga sekarang)
    • Sekjen DPP Partai Bulan Bintang (1998 - )
    • Anggota Komisi VI DPR RI (1999 - 2004)
    • Peneliti potensi ekonomi wilayah Taman Gunung Leuser (1992)
    • Ketua tim Penelitian Potensi Ekonomi Lemah (1993)
    • Peneliti muda pada studi pengkajian Strategi Pengusahaan Anak Perusahaan Joint    Venture Pertamina (1994)
    • Dosen, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor
    • Dosen, Universitas Islam As Syafiiyah
    • Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Ibnu Khaldun
     

    No comments:

    Post a Comment

    Mejuah-juah!