Mejuah-juah.   Rudang Rakyat Sirulo Comunity    Mejuah-juah.
    <--> MEJUAH-JUAH <-->

    Monday, September 10, 2012

    Cara menuliskan " Surat Aru atau Tulisen Karo" pada MS Office-Word


     Aksara Karo

    Tulisen(aksara) Karo atau sering juga desebut Surat Aru(Haru = Karo),  merupakan salah satu aksara(tulisan) kuno yang ada di nusantara, yang tumbuh – berkembangnya, serta dipergunakan secara meluas di wilayah-wilayah Karo, yang meliputi daerah Pesisir Pantai Timur Pulau Sumatera di bagian Utara dan Tengah, serta dataran tinggi bukit barisan di bagian tengah dan utara pulau Sumatera(pegunungan Karo).
     
    Tulisen Karo diklasifikasikan dalam golongan abugida, yang dimana setiap bunyi dapat dilambangkan secara mutlak(akurat/pasti), yang terdiri dari indung surat(huruf induk/huruf utama yang jumlahnya 21 surat) merupakan pelambangan dari konsonan walau dalam pengejaanya selalu diikuti oleh bunyi “a”, kecuali pada dua indung surat, yakni: “i” dan “u” yang hanya dipakai sebagai huruf awal dari sebuah kata. Seperti halnya abugida lainnya, selain indung surat sebagai karakter huruf utama, dalam tulisen(aksara) Karo juga ada anak surat yang berfungsi sebagai diakritik

    Belakangan ini, pengunaan aksara Karo sudah sangat jarang. Banyak yang mengatakan, hal ini dikarenakan susahnya dalam hal mempelajarinya(Siapa bilang Susah? Lihat disini! dan menuliskannya. Padahal sekarang ini dengan kemajuan teknologi kita makin dipermudah. Kita dapat dengan mudah membentuk surat-surat(huruf/fonts) Karo itu dengan menggunakan image editor, sebut saja seperti: CorelDraw, Paint, Adobe Photoshop, PowerPoint, dll. Atau jika tidak ingin repot, sekarang juga banyak beredar fonts yang dapat diinstal dan dipergunakan pada semua program yang memiliki fungsi textie(seprti: MS Ofice Word, Excel, Paint, PowerPoint, Ulead Photo Express, NotePad, FrontPage, dll) yang dapat di-download secara geratis di internet, salah satunya yang kami buat: Sembiring Bastanta P(Karo_Font2).ttf yang dapat Anda download disini --> download! (susah downloadnya? Lihat caranya disini <---- Dan berikut dibawah ini tabel fungsi tombol pada keyboard komputer.

    Letak indung surat Karo pada tombol keyboard komputer
    Letak Indung Surat pada tombol keyboard komputer.


    Letak anak surat Karo pada tombol keyboard komputer
    Letak Anak Surat(diakritik) pada keyboard.
    Perhatikan tabel berikut ini! Tampak beberapa contoh-contoh fungsi tombol untuk menuliskan kata-kata ke dalam tulisen(aksara) Karo.

    contoh penulisan aksara Karo pada komputer
    Contoh cara pemakaiannya.
     Selamat Mencoba. Mejuah-juah.
    Comments
    9 Comments

    9 comments:

    1. Janari nge ibuatndu e?janah nggo nge lit bas komputer tulisen karo enda(nggo nge bnci kita nulis alu surat aru ibas internet)?
      Bujur..

      ReplyDelete
    2. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kam pe aksara ndu berbentuk gambar, enggo lah cuba ndu e, uga maka la copy kenndu hasil na, ca tempelken ku blog enda, gelah kami yakin, enda kam pe aksarandu berbebtuk foto

        Delete
    3. Kk tuliskan nama saya di aksara karo FIRZA GINTING mohon kk/abang

      ReplyDelete
    4. Cara menulis O pake aksara karo gimana

      ReplyDelete
    5. Coba tulis dlm aksara karo kalimat " lako"

      ReplyDelete

    Mejuah-juah!