Mejuah-juah.     Selamat datang di blog sederhana kami: "Rudang Rakyat Sirulo".   Mejuah-juah. Kami minta maaf jika diwaktu dekat ini akan ada sedikit gangguan atau ketidak nyamanan pengunjung terhadap tampilan blog ini, sebab direncanakan dalam waktu dekat blog ini akan melakukan perbaikan. Terima kasih atas kunjungan anda.   Terus dukung dalam doa, untuk Taneh Karo Simalem yan kita cintai segera dipulihkan    Mejuah-juah.        RUDANG RAKYAT SIRULO COMUNITY menerima donasi dari pihak-pihak yang hendak/peduli dengan blog ini, yang ingin berinfestasi. Hal ini ditujukan untuk menghidupkan terus blog ini, serta meng-UPGRADEnya ke wensite berbayar demi kenyamanan pengunjung. Bagi anda yang tertarik silahkan hubungi e-mail: bastanta.meliala@gmail.com. Terima kasih.
Mejuah-juah.   Rudang Rakyat Sirulo Comunity, mengundang partisipasi dari pemcaba untuk mendukung eksistensi blog ini, dengan mengirimkan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan Karo ke e-mail: bastanta.meliala@gmail.com    RRSC juga mengundang para pengunjung blog untuk ikut serta membangun jaringan RRSC dengan cara menyampaikan donasi untuk meng-UPGRADE blog ini ke versi berbayar, hal ini dianggap perlu untuk memberi kualitas konten dan kenyamanan pembaca.   Bagi anda yang tertarik untuk mendukung dan ikut serta membangun jaringan RRSC, anda dapat menyampaikan donasi anda ataupun berinfestasi di blog ini. Silahkan hubungi e-mail admin di BASTANTA.MELIALA@GMAIL.COM    Mejuah-juah.
    <--> MEJUAH-JUAH <-->

    Selasa, 17 Mei 2011

    Bastanta Permana Sembiring Meliala

    Gelar (nama): Bastanta Permana  Merga:  Sembiring ;  Cabang(sub/sib-)merga: Sembiring Meliala (Sarinembah, Buluh Gading, Delitua,Terumbu, Tembengen, Kuala Uruk, Kuala Tebing, Kuala Sabah, Kuala Paya, Kuala Cawi, Kampung Tengah, Mardingding, Suban) ; Beré-beré:                   Ginting Manik (Singa, Rimo Mukur, Namo Mengkudu, Kuta Jurung, Namo Rambé);  Binuang:                   Tarigan Gersang ( Kuta Tinggi, Dolat Rakyat); Kampah: Karo-karo Sitepu ;  Entah: Karo-karo Barus (Barus Jahé, Sirengit-rengit, Pertumbuken, Penen); [Per-] Kempu: Sembiring Meliala (Kuala); Enté:                     Sembiring Kembaren Soler: Karo-karo Sitepu ; Tubuh: Medan, 25 Februari 1986 Kuta Nini Bulang: Terumbu (Sibiru-biru), Deli Serdang Kuta asal Bapa: Sigara-gara Patumbak ;  Kuta asal Nandé : Namo Rambé Ingan pusung  ndabuh/mbelin i : Sigara-gara - Patumbak Ringan mejuah-juah: Jl. Pertahanan/Perjuang IV, Dsn. IV, Desa Sigara-gara – Kuta Karo, Kec. Patumbak, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara;  atau: Jl. Lintas Timur Sumatera – Jambi, Desa Suban V – Simpang Rambutan, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjunga Jabung Barat, Prov. Jambi, INDONESIA. ; Kontak: e-mail: bastanta.meliala@gmail.com, twitter: @simbisa_366 ; Gereja: Gereja Injili Karo Indonesia(GIKI) - Medan.

     Mejuah-juah INDONESIA
    Mejuah-juah Merga Silima
    Mejuah-juah Sumatera Utara
    Mejuah-juah Taneh Karo Simalem
    (Kota Medan, Deli-Serdang, Sedang Bedagai, Binjai,
     Langkat, Kab. Karo, Dairi, Simalungun, rsd.)
    Mejuah-juah kita kerina.

    Bersama Tim PI GIKI Medan (Dusun Toro Dolik, Kuala Renangan 2013)
    Bersama Tim PI GIKI Medan (Dusun Toro Dolik, Kuala Renangan 2013)

    Bersama Tim PI GIKI Medan (dermaga Ponton, Palalawan, Riau 2013)
    Bersama Tim PI GIKI Medan (dermaga Ponton, Palalawan, Riau 2013)
     
    Grafik jalur perjalanan Sembiring Meliala Mergana dari Sarinembah hingga Patumbak(abad ke-17 s/d 20)
    Grafik terombo Meliala Patumbak (Bastanta P. Sembring Family)

    Taman Alam Lumbini Berastagi
    Taman  Alam Lumbini Berastagi ( 22 Februari 2013)
    BPS dan Yudha Acser Naptha Karo-karo Lubis, 2010


    Natal Umum Rg GBKP Patumbak - Desember 2010.


    Desember 2010, Dermaga Kuala Tungkal
    Patumbak, Agustus 2009


    Patumbak, 28 Februari 2009 (Ultah Nini Tigan ke-101 tahun)
    Patumbak,  Februari 2009

    BPS bersama Team PA Permata GBKP Suban, 2009
    BPS kumpul bersama PERMATA GBKP Suban, 2008


    Suban, 2008
    Suban, 2008
    Patumbak, 2007
     BPS dan Yudha, Suban 2007




    Medan, 1971


    Namo Rambe, 1970 (Keluarga Ginting Manik)
    Sigara-gara-Patumbak, 1970

    Comments
    6 Comments

    6 komentar:

    1. Bravo, saya salut dan bangga dengan hasil karya anda. khususnya utk generasi muda karo yg banyak diperantauan yg tidak mengerti dengan sejarah karo selama ini. yg membuat kt semua bangga sbg orang karo dengan tulisan2 sdr.BPS.
      sy berharap tulisan2 anda ini disebar luaskan.
      Apakah anda sdh menerbit tulisan ini dalam bentuk buku ? (dimana saya bisa mendapatkan bukunya). bujur melala, Gbu.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bujur, Manik Mergana.
        Senang rasanya kalau blog kita yang sederhana ini dapat memberi imformasi, inspirasi, atau hiburas kepada pembaca. Bujur ras mejuah-juah kita kerina. ;-)

        Hapus
    2. Salam

      Saya sangat mengapresiasi blog Anda, karena seperti yang kita ketahui, ada sangat sedikit sekali literatur tentang Karo yang bisa kita dapatkan di Indonesia, bahkan di Sumatera Utara sekalipun. Literatur Karo malah banyak terdapat di Belanda, karena mereka pernah melakukan penelitian selama masa penjajahan.

      Kebetulan saya sedang mencari banyak literatur tentang filosofi rumah adat karo untuk bahan penelitian thesis saya.. Kalau boleh, bisakah Anda berbagi literatur tentang filosofi rumah adat Karo melalui blog Anda ini?

      Terima Kasih
      Salam

      BalasHapus
      Balasan
      1. @NOVI:
        Sdri Novi, sebelumnya Mejuah-juah dan trima kasih.
        Untuk lebih lengkap tentang Rumah Adat Karo, mungkin Anda bisa konsultasi langsung sama Bpk. Juara R. Ginting yang benyak melakukan penelitian dan menulis baik di jurnal dan buku tentang Rumah Adat Karo.

        Berikut ini link yang dimana Anda dapat berinteraksi dengan beliau.

        http://www.sorasirulo.net/1_2_1510_suara-karo-tentang-masyarakatnya-lihat-dari-dalam.html

        http://sorasirulo.net/index.php?p=1_1&nid=539

        Hapus
    3. Great work. Someday you will get the benefit of your collection and writings. From Uncle Robin Sitepu, Ragunan, Jakarta.

      BalasHapus
    4. Great work. Someday you will get the benefit of your collection and writings. From Uncle Robin Sitepu, Ragunan, Jakarta.

      BalasHapus

    Mejuah-juah!