Mejuah-juah.   Rudang Rakyat Sirulo Comunity    Mejuah-juah.
    <--> MEJUAH-JUAH <-->

    Thursday, May 19, 2011

    19 Mei 2011


    Sepertinya orientasi perjuangan kekaroan kita saat ini sudah perlu diubah, jangan hannya tertuju ke Tanah Karo saja. Sebab untuk membesarkan Karo tidak hanya tertumpu pada pembangunan Tanah Karo semata, melainkan pembangunan jiwa Karo yang seutuhnya. Artinya semua aspek pendukung eksistensi bagi kejayaan Karo harus mengalami dan merasakan apa yang dimaksud dengan “Mengembalikan Kejayaan Karo (Haru)!.”

    Sebaba, kita ketahui! Kekuatan Karo sesungguhnya bukan hanya terletak di Tanah Karo, namun kita juga perlu memperhitungkan Deiri, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan, dan daerah-daerah lainnya yang memiliki potensi pengembangan eksistensi kekaroan.

    Sejarah mencatat kebesaran dan eksistensi masyarakat Karo di beberapa daerah tersebut diatas, tetapi mengapa kita sebagai generasi penerus yang seharusnya lebih lagi mempersatukan visi Karo ini, malah membuat jurang pemisah diantara kita. Seharusnya ini keuntungan bagi kita, namun malah menjadi kelemahan yang membuat kita tercerai berai.

    Kita harus sadar, potensi kekuatan geopolitik Karo sebenarnya sangatlah luas, camkan itu! Tetapi, apakah kita tidak sadar ataukah memang kita sulit untuk disatukan? Entahlah! Sejarah yang seharusnya dapat kita manfaatkan sebagai senjata, kini malah menjadi momok menakutkan bagi kita.

    “Karo Gugung, Singalur Lau, Karo Deli, Karo Binge, Karo Jahe, dll. Entah apapun istilah atau pengelompokan itu.! Bukankah istilah-istilah itu menunjukkan kebesaran dan eksitensi kita di beberapa wilayah, kok malah jadi membuat kita lemah...??? Hehehe.. (Aku’pe teori sj nge, prktkna.... Hahahah..! ;-))

    Enggo mena! Hehehehe...

    No comments:

    Post a Comment

    Mejuah-juah!